Sequence Diagram
Sequence diagram mendeskripsikan bagaimana entitas dalam system
berinteraksi, termasuk pesan yang digunakan saat interaksi. Semua pesan
dideskripsikan dalam urutan dari eksekusi. Sequence diagram berhubungan erat
dengan Use Case diagram, dimana 1 Use Case akan menjadi 1 Sequence Diagram.
Berikut komponen - komponen yang ada pada sequence diagram :
1.
Object -
adalah komponen berbentuk kotak yang mewakili sebuah class atau object. Mereka
mendemonstrasikan bagaimana sebuah object berperilaku pada sebuah system.
2.
Activation
boxes - adalah komponen yang berbentuk persegi panjang yang menggambarkan waktu
yang diperlukan sebuah object untuk menyelesaikan tugas. Lebih lama waktu yang
diperlukan, maka activation boxes akan lebih panjang.
3.
Actors -
adalah komponen yang berbentuk stick figure. Komponen yang mewakili seorang
pengguna yang berinteraksi dengan system.
4.
Lifeline
- adalah komponen yang berbentuk garis putus - putus. Lifeline biasanya memuat
kotak yang berisi nama dari sebuah object. Berfungsi menggambarkan aktifitas
dari object.
Contoh Sequence Diagram Perpustakaan (Menambah buku
Baru)
Ada 2 macam sequence diagram yaitu :
1.
High
Level Sequence Diagram
Disini
kita memfokuskan pada usecase, dimana sebuah diagram hanya terdiri dari actor
dan object yang mewakili system. Diagram ini hanya menampilkan 2 atau 3 object
yang secara graphics memperjelas use case.
2.
Application
Level Sequence Diagram
Untuk level ini, kita
mengganti actor dengan controller atau manager semacam device yang terpasang
pada system.
Sequence Diagram
dibuat dengan banyak lifeline. Setiap lifeline mendapatkan tempat sendiri- sendiri.
Beberapa jenis lifeline antara lain.
Actor Lifeline
|
Actor merepresentasikan entitas yang berada
di luar system. Mereka bisa berupa manusia, perangkat keras atau system lain.
|
General Lifeline
|
Merepresentasikan entitas tunggal dalam
sequence diagram, digambarkan dengan kotak. Entitas ini memiliki nama,
stereotype atau berupa instance (menggunakan instance:class)
|
Boundary Lifeline
|
Boundary biasanya berupa tepi dari system,
seperti user interface, atau suatu alat yang berinteraksi dengan system lain.
|
Control Lifeline
|
Control element mengatur aliran dari
informasi untuk sebuah scenario. Perilaku dan perilaku bisnis umumnya diatur
oleh objek ini
|
Entity Lifeline
|
Entity biasanya elemen yang bertanggung jawab
menyimpan data atau informasi. Ini dapat berupa beans atau model object
|
Komentar
Posting Komentar