Tips & Trik to Design User Experience
Definisi Design User Experience
Design User Experience adalah Proses
meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam
meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara
pengguna dan produk. Bahasa gampangnya, UX Design itu proses membuat sebuah
website atau aplikasi yang kamu buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak
membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.
Usability User Experience
Pada dasarnya suatu produk atau system dibuat
dan dirancang sedemikian rupa untuk menjadi daya tarik mata dan terlihat nyaman
untuk digunakan untuk pengguna/user. User
Experience membuat sebuah pengalaman dari sebuah produk terhadap
pengguna/user sebagai pengguna didunia nyata.
Usability sendiri menjadi tolak ukur dalam user experience dimana
pengalaman pengguna adalah ukuran yang
memiliki kualitas baik atau buruk, dimana interaksi antara pengguna dengan
produk atau sistem (Internet, perangkat lunak, teknologi bergerak dan lainnya)
yang digunakan oleh pengguna sendiri.
Apa itu usability ? Usability berarti
kualitas dari system yang mudah untuk digunakan oleh user dan mudan untuk
dipelajari serta mendorong manusia untuk menggunakan system tersebut sebagai
alat bantu yang bersifat positif untuk menyelesaikan tugasnya. Usability
sendiri menjadi tolak ukur dalam user experience dimana pengalaman pengguna
adalah ukuran yang memiliki kualitas baik atau buruk, dimana interaksi antara
pengguna dengan produk atau sistem (Internet, perangkat lunak, teknologi
bergerak dan lainnya) yang digunakan oleh pengguna sendiri. Dengan kata lain
usability memberikan penilaian kepada kepuasan pengguna secara fungsionalis
dengan efektif dan efisien sampai mencapai tujuan yang diinginkan pengguna
(Brinck, 2002).
Usability di bagi menjadi beberapa elemen sebagai berikut :
·
Effectivness
Dinilai dari apakah pengguna atau user dapat menyelesaikan tugasnya
dengan mudah, serta tidak menemui hambatan dari sebuah system atau produk yang
di ciptakan. Dengan system atau produk yang effectiveness artinya user dapat
menggunakannya dengan mudah cepat dan goal yang di inginkan dapat tercapai.
·
Efficiency
Dinilai berdasarkan seberapa cepat teknologi tersebut saat menyelesaikan
tugasnya atau seberapa cepat user dapat menyelesaikan masing masing user goal.
Contohnya website tokopedia.com dimana menjadi wadah bagi para penjual untuk
menjual dagangannya dengan mudah dan praktis tetapi apakah sama halnya dengan
pembeli? Pembeli akan merasa tokopedia.com efisien ketika barang yang dicarinya
tersedia sesuai keinginan dan harga yang sesuai, tetapi jika barang yang dicari
tidak tersedia maka tokopedia tidak efisien. Oleh sebab itu tokopedia.com harus
bisa menarik berbagai macam penjual untuk bisa selalu menjadi efisien.
·
Learnability
Dinilai berdasarkan seberapa mudah sebuah produk ato system dapat
dipelakari pada saat awal di gunakan oleh user itu sendiri. Sebagai contoh user
experience pada produk Apple. User yang terbiasa dengan menggunakan Android
akan merasa kaku jika memakai Iphone sehingga ketika user merasa Iphone lebih
memudahkan dalam penggunaannya maka Iphone memiliki usability positif.
·
Memorability
kemampuan usability untuk menjadi top of mind pengguna. Pada saat user
menggunakan kembali produk atau system tersebut user dapat dengan mudah
mengingat cara penggunaan dari produk tersebut atau cara penggunaan dari system
tersebut.
·
Errors
handling
Seberapa banyak kesalahan yang pengguna buat dalam menggunakan teknologi
tersebut, erorr yang pengguna buat ,dan seberapa berat kesalahan tersebut serta
bagaimana website membantu user dalam erorr yang dihadapinya. Contoh ketika
menggunakan email terkadang user sering salah dalam memasukan password atau
email. Disini dilihat apakah teknologi tersebut bisa membantu pengguna dalam
menyelesaikan masalahnya dengan cepat atau apakah pengguna tahu bagaimana
menyelesaikan masalah tersebut atau tidak.
· User Satisfaction
· User Satisfaction
Apakah kenyamanan user dalam menggunakan desain tersebut serta dapat
membuat user tersebut merekomendasikan kepada user lainnya. Contoh membuat
website online shop untuk para remaja, tentu saja desain yang digunakan harus
bersifat remaja dengan warna – warna cerah dan menjual baju-baju yang sesuai
dengan segmentasinya. Sehingga user merasa puas dan senang ketika mengunjungi
website tersebut dan dapat memberikan
pengalaman menarik ketika berbelanja serta merekomendasikannya kepada user
lainnya. Ketika akan memplaning usability dalam user experience, kita perlu
untuk memahami user dan apa yang mereka coba untuk selesaikan. (William Albert,
2013) usability sendiri dibutuhkan oleh sebuah produk untuk membantu user dalam
mengakses atau menjalankan sebuah produk dengan nyaman dan mudah digunakan.
Komentar
Posting Komentar