Use Case Diagram and Activity Diagram

Definisi Use Case Diagram
Use Case diagram adalah gambar dari beberapa atau seluruh aktor dan use case dengan tujuan mengenali interaksi mereka dalam suatu sistem. Gambaran fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem menekankan pada “APA” bukan “BAGAIMANA” yg dibuat system. Menyatakan suatu job/pekerjaan tertentu misal : login ke sistem, create data penjualan.
Use Case Diagram digunakkan untuk mengilustrasikan hubungan antara sistem dan user ada beberapa keuntungannya meliputi:
a.    Use Case ringkas, sederhana, dan dipahami oleh beberapa pihak.
b. Use Case mengatur sejumlah aktifitas dalam proses perencanaan iterasi, sistem deployment, pembuatan dan validasi model desain, pembuatan dokumentasi bagi para pengguna.
c.  Use Case membantu sinkronisasi isi model yang berbeda.


Konsep Dasar Flow of Event
Flow of Event bertujuan untuk mendokumentasikan alur logika dalam usecase yang menjelaskan secara rinci apa yang pemakai  akan lakukan  dan apa yang system itu sendiri lakukan.
Sistematika flow of events terdiri dari beberapa elemen berikut :
1.     Deskripsi  singkat yang menjelaskan apa yang akan system lakukan.
2.     Prasyarat  kondisi yang harus dipenuhi sebelum usecase dijalankan.
3.     Alur utama   sebuah jalur utama dalam usecase yang membawa tercapainya tujuan utama sebuah usecase.
4.     Alur alternative merupakan penyimpangan dari alur utama atau alur alternative yang menyatakan kondisi eror dari sistem
5.     alur salah  penyimpangan dari alur utama dan bukan sebagai kondisi salah.

6.     Kondisi akhir  kondisi yang selalu benar setelah usecase dijalankan.

Simbol Use Case Diagram:

Contoh Use Case Diagram













Penjelasan Use Case Diagram:
Tugas Admin toko baju yaitu update informasi tentang baju yang akan di pasarkan atau di jual, mengelola data baju, mengelola data transaksi, dan mengelola data hasil penjualan. Costumer memilih baju, dan melakukan transaksi. Pemilik Toko baju yaitu menerima data baju dari admin dan menerima hasil laporan penjualan dari admin.

Definisi Activity Diagram
Diagram aktivitas adalah bentuk visual dari alir kerja yang berisi aktivitas dan tindakan, yang juga dapat berisi pilihan, pengulangan, dan concurrency. Dalam Unified Modeling Language, diagram aktivitas dibuat untuk menjelaskan aktivitas komputer. Diagram aktivitas menggambarkan alur kontrol secara garis besar. Diagram aktivitas memiliki komponen dengan bentuk tertentu, dihubungan dengan tanda panah. Panah mengarahkan urutan aktivitas terjadi, dari awal sampai akhir. Diagram aktivitas dapat dianggap sebagai jenis alir kerja. Umumnya alir kerja tidak memiliki cara untuk menampilkan Concurrency simbol penggabungan dan pemecahan pada diagram aktivitas dapat menjadi solusi untuk pemakaian yang sederhana.
Pada dasarnya diagram Activity Diagram versi UML (Unified Modeling Language) sering digunakan oleh flowchart. Activity diagram sendiri digunakan untuk menganalisa proses. Diagram ini berhubungan dengan diagram statechart. Diagram statechart berfokus pada obyek yang dalam suatu proses atau proses menjadi suatu obyek, diagram Activity berfokus pada aktifitas - aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal, jadi dengan kata lain, diagram ini menunjukkan bagaimana aktifitas - aktifitas tersebut bergantung satu sama lain. yang perlu diperhatikan adalah diagram aktivitas menggambarkan aktivitas sistem bukan apa yang dilakukan aktor, jadi aktivitas yangdapat dilakukan oleh sistem. Activity diagram bukanlah sebuah tool yang sempurna untuk menganalisis masalah dari sistem.
 Fungsi Activity Diagram:
a.      Menggambarkan  proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
b.     Memperlihatkan urutan aktifitas proses pada system.
c.      Dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktifitas proses bisnis
d.     Struktur diagram ini mirip flowchart atau Data Flow Diagram pada perancangan terstruktur.
e.  Sangat bermanfaat apabila kita membuat diagram ini terlebih dahulu dalam memodelkan sebuah proses untuk membantu memahami proses secara keseluruhan.
f.      Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram.

Element - element pada activity diagram:


Contoh Activity Diagram dibawah menggambarkan alir aktivitas admin, costumer dan pemilik toko baju.  






















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Communication Diagram

Statechart Diagram