Sequence Diagram

Sequence diagram mendeskripsikan bagaimana entitas dalam system berinteraksi, termasuk pesan yang digunakan saat interaksi. Semua pesan dideskripsikan dalam urutan dari eksekusi. Sequence diagram berhubungan erat dengan Use Case diagram, dimana 1 Use Case akan menjadi 1 Sequence Diagram.

Berikut komponen - komponen yang ada pada sequence diagram :
1.     Object - adalah komponen berbentuk kotak yang mewakili sebuah class atau object. Mereka mendemonstrasikan bagaimana sebuah object berperilaku pada sebuah system.
2.     Activation boxes - adalah komponen yang berbentuk persegi panjang yang menggambarkan waktu yang diperlukan sebuah object untuk menyelesaikan tugas. Lebih lama waktu yang diperlukan, maka activation boxes akan lebih panjang.
3.     Actors - adalah komponen yang berbentuk stick figure. Komponen yang mewakili seorang pengguna yang berinteraksi dengan system.
4.     Lifeline - adalah komponen yang berbentuk garis putus - putus. Lifeline biasanya memuat kotak yang berisi nama dari sebuah object. Berfungsi menggambarkan aktifitas dari object.


Contoh Sequence Diagram Perpustakaan (Menambah buku Baru)




Ada 2 macam sequence diagram yaitu :
1.     High Level Sequence Diagram
Disini kita memfokuskan pada usecase, dimana sebuah diagram hanya terdiri dari actor dan object yang mewakili system. Diagram ini hanya menampilkan 2 atau 3 object yang secara graphics memperjelas use case.
2.     Application Level Sequence Diagram
Untuk level ini, kita mengganti actor dengan controller atau manager semacam device yang terpasang pada system.

Sequence Diagram dibuat dengan banyak lifeline. Setiap lifeline mendapatkan tempat sendiri- sendiri. Beberapa jenis lifeline antara lain.

Actor Lifeline
Actor merepresentasikan entitas yang berada di luar system. Mereka bisa berupa manusia, perangkat keras atau system lain.
General Lifeline
 

Merepresentasikan entitas tunggal dalam sequence diagram, digambarkan dengan kotak. Entitas ini memiliki nama, stereotype atau berupa instance (menggunakan instance:class)
Boundary Lifeline
 

Boundary biasanya berupa tepi dari system, seperti user interface, atau suatu alat yang berinteraksi dengan system lain.
Control Lifeline
 

Control element mengatur aliran dari informasi untuk sebuah scenario. Perilaku dan perilaku bisnis umumnya diatur oleh objek ini
Entity Lifeline
 

Entity biasanya elemen yang bertanggung jawab menyimpan data atau informasi. Ini dapat berupa beans atau model object

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Use Case Diagram and Activity Diagram

Communication Diagram

Statechart Diagram